Jumat, 18 Februari 2011

Spesifikasi dan Ciri Khusus Kegiatan FORMASI

Profil Forum Mahasiswa Muslim dan Studi Islam (FORMASI)
Fakultas Ekonomi dan Manajemen
Institut Pertanian Bogor

FORMASI adalah salah satu Badan Semi Otonom di Fakultas Ekonomi Manajemen IPB yang memiliki visi misi sebagai berikut:

VISI :
Menjadi Lembaga dakwah yang berperan sebagai Islamic Student Centre Fakultas Ekonomi dan Manajemen dalam hal penyebaran dan pendidikan keislaman, serta amal pelayanan dalam rangka pengembangan insani yang mandiri dan Profesional.
MISI :
1. Pengembangan sumber daya manusia yang berintelektual tinggi dan berakhlak mulia
2. Penyebaran nilai-nilai keislaman yang edukatif, informatif, dan aplikatif
3. Pendidikan dan kajian keislaman yang integral, kontinu, terpadu, dan Syumuliyatul Islam(Islam secara keseluruhan)
4. Pembangunan Jaringan dan kerja sama dengan pihak terkait baik internal maupun eksternal
5. Pengelolaan organisasi yang mandiri, profesional, dan berdaya saing

Latar Belakang Pembentukan FORMASI 
 Pembentukan FORMASI dilatarbelakangi oleh:
“Hanyalah orang-orang mu’min yang bersaudara, karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu dan bertakwalah kepada Allah supaya kamu mendapat rahmat.” (QS. Al Hujurat:10)

“Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda orang yang berakal (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Tuhan kami, tiadalah engkau menciptakan ini dengan sia-sia. Maha suci engkau, maka peliharalah kami dari siksa api neraka.” (Q.S. Ali Imran: 190-191)

Untuk itu, FORMASI FEM IPB bertujuan menanamkan nilai-nilai keislaman di FEM dalam bentuk penyebaran syiar Islam, wahana silaturahim dalam rangka memepererat ukhuwah Islamiyah, motor penggerak aktivitas keislaman di Fakultas Ekonomi dan Manajemen, peningkat iman dan takwa kepada Allah SWT, serta pemererat ukhuwah (persaudaraan) Islamiyah.

Sejarah Singkat
Organisasi ini bernama Forum Mahasiswa Muslim dan Studi Islam Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor yang disingkat sebagai FORMASI FEM IPB. FORMASI FEM IPB berdiri tanggal 14 Februari 2003 / 12 Djulhijjah 1423 H di Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB. FORMASI FEM IPB bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai keislaman di FEM. Fungsi dari organisasi ini adalah menyebarkan syiar Islam, wahana silaturahim dalam rangka memepererat ukhuwah Islamiyah, motor penggerak aktivitas keislaman di Fakultas Ekonomi dan Manajemen, meningkatkan iman dan takwa kepada Allah SWT, mempererat ukhuwah (persaudaraan) Islamiyah.

Ketua Formasi tahun yang pertama adalah Eko (Formasi 2003-2004), mahasiswa jurusan ekonomi pembangunan angkatan 37. Terbentuknya Formasi digagas oleh beberapa mahasiswa FEM (Ekbang dan Manajemen) angkatan 37 yang pernah menjadi pengurus ROHIS di SMAnya serta didukung dan dibantu oleh Lembaga Dakwah Fakultas MIPA yang memang masih bertempat di kampus IPB Baranangsiang dan sudah mempunyai Lembaga Dakwah Fakultas.
Ketua Formasi selanjutnya adalah Joko MAN’39 (Formasi 2004-2005), Hendri IE’40 (Formasi 2005-2006), Andrijansyah MAN’41 (Formasi 2006-2007) dan Ikhsan AGB’42 (Formasi 2007-2008) serta sekarang Ach. Firman Wahyudi AGB ’43 untuk amanah tahun 2008-2009. Formasi terus melakukan perubahan-perubahan dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia, organisasi dan meningkatkan kualitas syiar islamnya di FEM khususnya dan di IPB umumnya sesuai dengan visinya sebagai wadah bagai mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta pemahaman keislaman sehingga tercipta mahasiswa yang berakhlakul karimah dan kehidupan kampus yang islami. Formasi tetap akan terus mengajak pada segala kebaikan dan melarang keburukan yang sesuai pula dengan misinya sebagai motor penggerak aktivitas keislaman di Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor dan semua itu demi terciptanya FEM yang islami yang diridhai ALLAH SWT.

Spesifikasi dan Ciri Khusus FORMASI
Berdasarkan visi misi yang diemban oleh FORMASI, seluruh kegiatan FORMASI diintegrasikan untuk mencapai visi misi FORMASI. Oleh karena itu, seluruh kegiatan-kegiatan FORMASI difokuskan pada dakwah keislaman di Fakultas Ekonomi Manejemen yang ditujukan untuk menciptakan suasana islami di FEM IPB. Beberapa contoh kegiatan FORMASI yang mencirikan dakwah keislaman adalah Pensil (Pentas dan Seni Islami), Kajian Islam Kontemporer, dan GAS (kegiatan Ramadhan).

Selain itu, brand image baru dari FORMASI, ‘Muslim Prestatif’, juga akan ditonjolkan dalam berbagai kegitan-kegitan FORMASI. Hal ini dilakukan sebagai salah satu komponen pencapaian visi misi FORMASI. Muslim Prestatif bermakna para anggota FORMASI secara khususnya dan mahasiswa FEM secara umumnya memiliki kebanggaan sebagai seorang muslim dan juga berprestasi, baik di bidang akademik, kejuaraan, kompetisi, organisasi maupun menulis.

0 komentar:

Posting Komentar